Bolu Ketan Hitam

Setelah berkali bikin bolu dan bantat (karena keukeuh gamau pake BS tersebab suka ada hint pahitnya), akhirnya kali ini menyerah. Bukan berarti jadi pake BS, tapi BP. Wkwk. Abisan tar gmn kalo mubazir lagi..
Setidaknya Alhamdulillah masih gluten free, refined sugar free, dan tanpa mentega juga. Di resep kebanyakan, pada pake mentega/margarin. Ada sih ghee di rumah, tapi ko éman ya klo dipake buat kue 🤣 jadi pake CCO ajalah.
Meski agak ga pede karena horang2 pada pake sp/ovalet/tbm utk melembutkan adonan sedangkan Sy engga, bismillah aja dulu. Demi makanan yg lebih thayyib.
Alhamdulillah berterima dengan selera anak-anak :)
Insyaa Allah berikutnya lebih clean lagi. Aamiin..
Bolu Ketan Hitam
Setelah berkali bikin bolu dan bantat (karena keukeuh gamau pake BS tersebab suka ada hint pahitnya), akhirnya kali ini menyerah. Bukan berarti jadi pake BS, tapi BP. Wkwk. Abisan tar gmn kalo mubazir lagi..
Setidaknya Alhamdulillah masih gluten free, refined sugar free, dan tanpa mentega juga. Di resep kebanyakan, pada pake mentega/margarin. Ada sih ghee di rumah, tapi ko éman ya klo dipake buat kue 🤣 jadi pake CCO ajalah.
Meski agak ga pede karena horang2 pada pake sp/ovalet/tbm utk melembutkan adonan sedangkan Sy engga, bismillah aja dulu. Demi makanan yg lebih thayyib.
Alhamdulillah berterima dengan selera anak-anak :)
Insyaa Allah berikutnya lebih clean lagi. Aamiin..
Cara Membuat
- 1
Campurkan gula dengan telur. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai hasil nya kental, pucat, mengembang, dan berjejak.
- 2
Masukkan semua tepung dengan cara diayak. Aduk rata, boleh pakai mixer dengan kecepatan rendah.
- 3
Masukkan susu/santan, aduk rata. Larutkan baking powder dgn sedikit air, masukkan ke dalam adonan sbil disaring (memastikan tidak ada yg bergerindil). Aduk rata.
- 4
Masukkan CCO sembari memanaskan kukusan/oven. Aduk rata sampai benar-benar bersatu dengan adonan.
- 5
Setelah kukusan/oven siap, masukkan adonan yang sudah ditata di loyang/cetakan. Olesi margarin+tepung+minyak agar tidak lengket. Saya: tuang ajalah langsung. Wkwk. Lengket sih, tapi seru😁
- 6
Matangkan selama 30 menit. Untuk adonan yg dipanggang, karena Sy pakai wajan stainless steel biasa which is panasnya lebih cepet, jadi 25 menitan udah matang. Yg kukusan pas 30 menit.
- 7
Hasil: adonan yg dikukus lebih moist dan stabil bentuknya. Kalau yg dipanggang (di wajan, mungkin klo di oven bisa beda), lebih kayak bolu biasa
Berhubung yg Sy bikin kurang manis, akhirnya dicocol ke gula merah. Hahaha.
Kata kunci
Resep Serupa
Rekomendasi Resep Lainnya



Komentar