Floss roll abon ala kadarnya :P

Mamahku itu doyan banget floss roll abon yang dijual di breadtalk. Tapi anehnya tiap cabang beda-beda rasanya. Akhirnya ada yang jual homemade, eh bau anyir. Dengan niat yang telah lama dikumpulkan, akhirnya praktik bikin floss roll dan ternyata gampang banget. Sekeluarga doyan semua. Sayangnya aku ga ada timbangan, jadi ukuran pake sdm semua. Hehe. Cuss ini dia resepnya
Floss roll abon ala kadarnya :P
Mamahku itu doyan banget floss roll abon yang dijual di breadtalk. Tapi anehnya tiap cabang beda-beda rasanya. Akhirnya ada yang jual homemade, eh bau anyir. Dengan niat yang telah lama dikumpulkan, akhirnya praktik bikin floss roll dan ternyata gampang banget. Sekeluarga doyan semua. Sayangnya aku ga ada timbangan, jadi ukuran pake sdm semua. Hehe. Cuss ini dia resepnya
Cara Membuat
- 1
Pertama, kita buat dulu rotinya. Campur semua tepung, fermipan, gula, garam dan kuning telur. Aduk sampai kuning telur merata. Lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan kalis. Tambahkan margarin, aduk lagi sampai elastis.
- 2
Lalu diamkan adonan dengan menggunakan plastik wrap. Karena ga ada, aku pakai plastik yang buat kertas dipotong dua lalu disolatip pinggirannya ke baskom. Hehe butuh kreatifitas disini, intinya yang penting adonan tertutup ya bun. Tapi lebih baik kalau adonannya ditutup oleh sesuatu yang gelap, karena ragi lebih aktif di tempat gelap. Diamkan sampai adonannya mengembang sempurna. Aku sampai 1 jam.
- 3
Setelah mengembang, bagi adonan menjadi 2 bagian, lalu digilas pakai rolling pin sampai ukurannya bisa menutup loyang. Aku loyang ukuran 22 ya. Jangan lupa loyangnya diberi mentega bawahnya lalu lapisi kertas roti supaya rotinya cantik dan ga gosong. Setelah itu beri topping. Caranya, olesi adonan putih telur dahulu, lalu tempelkan cabe, daun bawang, seledri dan wijen. Letaknya suka-suka deh ya bun yang penting nempel. Terus diamkan selama 15 menit, lalu olesi kuning telur.
- 4
Lalu panggang dengan api sedang. Ovennya harus dipanaskan dulu ya bun. Aku manggang selama 30 menit, tergantung oven masing2. Aku pakai oven tangkring, jadi harus sering ngecek biar ga gosong. Ciri-cirinya kalau sudah matang itu kuning telurnya mengkilap dan agak kecoklatan. O ya, jangan sampai kurang manggang, nanti rotinya bau amis.
- 5
Setelah matang, angkat dari oven, lalu gulung roti untuk meninggalkan jejak. Untuk menghindari panas, bunda bisa pakai lap bersih untuk melapisinya. Gulung dengan kertasnya ya bun, terus buka lagi kalau dirasa udah ada jejak bekas gulungannya. Lalu beri bahan filling, yaitu mayonaise yang sudah dicampur skm diolesi dulu secukupnya, dan taburi abon. Lalu gulung lagi kuat-kuat sambil ditekan biar gulungan tidak lepas.
- 6
Setelah itu, potong satu gulungan menjadi 8 bagian dan olesi pinggirannya dengan mayonaise yang dicampur skm, dan tempelkan di piring yang isinya abon. Agak ditekan supaya abon melekat sempurna. Siap disantap bunsay. Happy cooking :-)
Kata kunci
Resep Serupa
Rekomendasi Resep Lainnya




Komentar (5)
Terus gulung pake kertas apa bund? Hehee