Donat tanpa kentang

Well, berhubung gapake kentang, jadi biar dalemnya lembut diriku pake metode water roux. Ini water roux aku bikin untuk porsi 1 kg, tapi berhubung bikinnya cuma 250 gram, jadi adonan water roux nya aku simpen di kulkas biar awet. Rasa donatnya endesss banget. Udah 3 hari pun masih empuk dalemnya, asal ditempatkan di wadah tertutup ya bun. Check it out :-D
Donat tanpa kentang
Well, berhubung gapake kentang, jadi biar dalemnya lembut diriku pake metode water roux. Ini water roux aku bikin untuk porsi 1 kg, tapi berhubung bikinnya cuma 250 gram, jadi adonan water roux nya aku simpen di kulkas biar awet. Rasa donatnya endesss banget. Udah 3 hari pun masih empuk dalemnya, asal ditempatkan di wadah tertutup ya bun. Check it out :-D
Cara Membuat
- 1
Pertama, buat adonan water roux dulu. Campur air dan terigu. Lalu aduk sampai tidak bergerindil. Panaskan di atas kompor dengan api kecil. Aduk terus sampai agak mengental. Tidak perlu sampai meletup ya. Nanti kalau terlalu kental, tidak bisa disimpan di kulkas.
- 2
Lalu buat adonan donat. Campur air, adonan water roux, fermipan, gula, susu bubuk dan telur. Aduk sampai rata. Lalu masukan terigu. Uleni sampe setengah kalis. Baru campurkan margarin dan garam. Uleni lagi sampai kalis. Kalau yang ada mixer, boleh pakai mixer yang ulirnya besar ya. Speed rendah saja karena kalau speed tinggi, adonan pada loncat keluar wadah dan mesin mixer mudah panas. Ciri-ciri adonan kalis itu elastis, tidak mudah robek dan tidak menempel di tangan.
- 3
Lalu diamkan adonan selama 30 menit. Setelah mengembang, kempiskan adonan. Tinju adonan untuk mengeluarkan udara. Ini penting, sebab kalau masih ada udara, nanti jadinya pas digoreng adonan mengembang, pas diangkat, jadi melempem. Jadi tinjuannya harus sekuat tinjuan ke pelakor ya moms.. Haha
- 4
Setelah itu bentuk sesuai selera. Boleh pakai cetakan atau pakai jari telunjuk buat membentuknya. Untuk bentuk sesuai selera aja ya moms. Siapa tau moms pengen bentuk yang anti mainstream :P lalu diamkan lagi selama 15 menit. O ya, simpan adonan yang sudah dibentuk di tempat yang dibaluri mentega sebelumnya. Supaya tidak menempel ya moms.
- 5
Lalu goreng dengan api kecil. Jangan dibolak-balik. Cukup sebalik aja. Ini bertujuan untuk membuat white ring. Dan kalau goreng donat, jangan ditinggal, sebab mudah gosong.
- 6
Setelah matang, beri topping sesuai selera. Kalau aku ya seperti yang ada di gambar. Lagi koleksi glaze, tapi cuma dapat yang matcha. Kalau pakai glaze, topping lebih kerasa lembut, sedangkan kalau pakai filling, dia akan mengeras ketika didiamkan walau sebentar. Kalau pake gula, disarankan naburnya pakai saringan ya moms, hasilnya lebih cantik dibanding ngaduk2 di toples atau plastik. Terus dalamnya boleh pakai filling selai strawberry dengan cara dilubangi dengan pisau roti.
- 7
Ini dia penampakan donat yang sudah digoreng, sorry ya ga foto step by step
- 8
Yummy
Kata kunci
Resep Serupa
Rekomendasi Resep Lainnya








Komentar (5)