Lapis Surabaya Kuno

Sebelumnya telah pernah wien share lapis surabaya versi ekonomisnya.. telur lebih irit dan jadi lebih besar.. nah kali ini wien memberanikan diri bikin versi kuno nya yah dimana kuning telur yang dipakai 15 butir 😅 jadinya cilik ..ini pakai loyang 15x10x4cm.. berhubung hanya punya 2 tapi pingin bikin 3 warna..akhirnya adonan jadi ngantri dah..
Perbedaan disini dengan ekonomis adalah versi kuno sudah tak perlu pakai BP ..telurnya sudah cukup kokoh untuk kue yang satu ini..
Oh ya.. disini butter nya bisa 2 opsi: mau di cairkan atau di mixer. Kalau saya pilih mixer soalnya hasilnya akan lebih moist dibanding dicairkan.
Source saya kombinasi dari ci tintin dan nila setiawan. Happy baking 😘
Lapis Surabaya Kuno
Sebelumnya telah pernah wien share lapis surabaya versi ekonomisnya.. telur lebih irit dan jadi lebih besar.. nah kali ini wien memberanikan diri bikin versi kuno nya yah dimana kuning telur yang dipakai 15 butir 😅 jadinya cilik ..ini pakai loyang 15x10x4cm.. berhubung hanya punya 2 tapi pingin bikin 3 warna..akhirnya adonan jadi ngantri dah..
Perbedaan disini dengan ekonomis adalah versi kuno sudah tak perlu pakai BP ..telurnya sudah cukup kokoh untuk kue yang satu ini..
Oh ya.. disini butter nya bisa 2 opsi: mau di cairkan atau di mixer. Kalau saya pilih mixer soalnya hasilnya akan lebih moist dibanding dicairkan.
Source saya kombinasi dari ci tintin dan nila setiawan. Happy baking 😘
Cara Membuat
- 1
Mixer semua bahan A dengan kecepatan tinggi sampai mengembang kental berjejak sekitar 15 menit... lalu turunkan speed terendah masukkan bahan C yang telah diayak secara bertahap (jangan sekaligus agar adonan tidak turun). Sisihkan...
- 2
Mixer bahan B hingga lembut dan pucat...
- 3
Masukkan butter ke bahan A secara bertahap pakai spatula dengan tekhnik aduk balik lipat perlahan.. (hati" warna nya hampir sama..jangan sampai tidak merata karena akan bantet)..miripkan?
- 4
Bagi adonan menjadi 3..alasi loyang dengan kertas roti..tuang adonan polos ke loyang 15cm 2 bh (wien ga pakai kertas lagi karena langsung oles minyak carlo)...sisa adonan beri pasta coklat,aduk rata lalu tuang ke dalam loyang.
- 5
Panggang 180 °C selama 20 menitan (sesuaikan dengan oven masing" ya) resep aslinya 30 menit.. nyaris gosong atasnya punya saia 😁. Beda oven sih xixixi...intinya jangan lupa tes tusuk yah..
- 6
Ketika sudah mulai matang..diamkan dulu di dalam oven 5 menitan agar kuenya tidak kaget mengkerut saat keluarin..
- 7
Keluarkan dari loyang dan tunggu uapnya hilang lalu tangkupkan diatas rak kawat & lepaskan pelan" kertas rotinya...biarkan hingga dingin lalu olesi selai dan tumpuk kembali..
- 8
Moist... rasanya berbeda dengan yang ekonomis xixixi.. yang ini terasa lembut di setiap lapisan...yummy banget.. jangan lupa di trim sekelilingnya agar rapi ya say...
Kata kunci
Resep Serupa
Rekomendasi Resep Lainnya











Komentar (15)