Ala Tteokbokki

Comment : Bila pengin Korean Tteokbokki tapi sedang tinggal di Dusun.. 😋👩🍳😋
Annyong...
Siapa yang gak kenal Tteokbokki.. Camilan Sore atau light meal dari Korea yang sering berseliweran di Drama Korea yang selalu hits di TV kita.
Tteokbokki, sy sendiri bukan pengagum beratnya, beda dengan Bulgogi atau Kimchi yang sejak Puluhan Tahun yg lalu sy sudah penggemar fanatiknya😋🤩. Tteokbokki lebih digemari anak”, bahkan si Sulung sering bikin sendiri di Rumah Yogja, sy sampai terkaget lihat ada Yopokki dan Gochujang di kulkas😋
Resep Mbak Andini yang di Recook Kookpader Jabodetabek minggu ini, agak menantang saya karena bukan hanya tanpa Gochujang, pasta Cabe Korea, tapi juga tanpa Gochukaru, Cabe Korea yang merah menyala. Sekalian make it lokal, saos nya pun sy ganti Cabe Merah,..
#Recook_Dapoer_Andini
#kookpader
#Arisan_Recook
#BerburuCelemekEmas
#Resolusi2019
Note :
- Bahan” yang saya gunakan lokal banget, di semua dapur pasti ada, Nori bisa dibeli di I-Mart yang 4000an isi 3 🤩😁🙏
- Saya pakai Tempe, untuk memberi rasa kedelai fermentasi ( bisa jg dgn Tauco) juga memberi tekstur pasta cabenya
- Pasta Cabe, bisa dibuat langsung dengan Cabe Bubuk 3 sdm, beri 1/2 sdt vinegar dan bisa digunakan langsung.
Ala Tteokbokki
Comment : Bila pengin Korean Tteokbokki tapi sedang tinggal di Dusun.. 😋👩🍳😋
Annyong...
Siapa yang gak kenal Tteokbokki.. Camilan Sore atau light meal dari Korea yang sering berseliweran di Drama Korea yang selalu hits di TV kita.
Tteokbokki, sy sendiri bukan pengagum beratnya, beda dengan Bulgogi atau Kimchi yang sejak Puluhan Tahun yg lalu sy sudah penggemar fanatiknya😋🤩. Tteokbokki lebih digemari anak”, bahkan si Sulung sering bikin sendiri di Rumah Yogja, sy sampai terkaget lihat ada Yopokki dan Gochujang di kulkas😋
Resep Mbak Andini yang di Recook Kookpader Jabodetabek minggu ini, agak menantang saya karena bukan hanya tanpa Gochujang, pasta Cabe Korea, tapi juga tanpa Gochukaru, Cabe Korea yang merah menyala. Sekalian make it lokal, saos nya pun sy ganti Cabe Merah,..
#Recook_Dapoer_Andini
#kookpader
#Arisan_Recook
#BerburuCelemekEmas
#Resolusi2019
Note :
- Bahan” yang saya gunakan lokal banget, di semua dapur pasti ada, Nori bisa dibeli di I-Mart yang 4000an isi 3 🤩😁🙏
- Saya pakai Tempe, untuk memberi rasa kedelai fermentasi ( bisa jg dgn Tauco) juga memberi tekstur pasta cabenya
- Pasta Cabe, bisa dibuat langsung dengan Cabe Bubuk 3 sdm, beri 1/2 sdt vinegar dan bisa digunakan langsung.
Cara Membuat
- 1
A. Jemur tempe hingga kering. Blender bersama bawang” hingga lembut sekali, hingga bisa disaring habis. beri air sedikit bila perlu - jangan pakai minyak
- 2
Saring jd seperti pasta basah. Biarkan dibawah matahari atau udara terbuka seharian - tutup dgn plastic wrap atau serbet bersih asal tdk kena debu. Panaskan diatas wajan hingga benar” sat hingga jadi pasta cabe - hnya jadi 2 Sdm.
- 3
B. Campur Tepung dgn garam, masukkan Air Panas, aduk dgn spatula, biarkan agak hangat - airnya jangan disemuakan, lihat teksturnya kalau terlihat sdh menyatu, cukup
- 4
Uleni sebentar hingga mudah dibentuk, bagi 8, dan giling memanjang spy silinder, sisihkan
- 5
Panaskan Air dgn sesendok minyak, Masak hingga terapung, potong masing” silinder kue beras menjadi 3 bagian, dinginkan di lemari es hingga siap digunakan
- 6
C. Potong” sesuai selera Bakso Ikan, Otak Otak atau Kue Ikan, goreng sebentar dgn minyak sesendok, agar rasanya keluar dan ada tekstur goreng nya
- 7
D. Buat Kaldu Saos, Panaskan Air masukkan Nori dan kecap ikan, setelah mendidih, cicipi - rasanya umami banget sedep gurih bila terasa kurang umami, tambahkan Saos Tiram atau kecap ikan lagi. Masukkan kue beras dan pasta Cabe, aduk.
- 8
Setelah terlihat agak asat, masukkan gorengan bakso otak” ikan, Telur Goreng, Aduk. Masak sebentar, Koreksi Rasa - masukkan potongan Daun Bawang. Sesaat akan dimakan taburi biji wijen sedikit..
- 9
Voila,.. yumm.. nom nom..
- 10
Pas dimakan sambil nonton The Last Empress - Makan malam tipis tipis.. 😋😋😋
Kata kunci
Resep Serupa
Rekomendasi Resep Lainnya

































Komentar (8)